Tuesday, June 7, 2016

Cara Mengirim Surat Lewat Pos

Bertemu lagi dengan saya .../"_"\
Hari ini saya akan memberikan cara mengirim surat lewat pos....hihihihihihi

Pagi itu saya bersiap-siap mengirim surat lewat pos...Waktu itu saya juga awam mengenai kirim mengirim surat lewat pos. Tetapi saya beranikan diri menuju kantor pusat pos.

Yang pertama harus disiapkan adalah Mempersiapkan surat tersebut. Kebetulan surat yang ingin saya kirim yaitu Surat Lamaran Kerja. Berkas-berkas untuk melamar saya masukkan ke dalam amplop coklat yang digunakan untuk melamar kerja dengan pinggir amplop bergaris merah biru.

Tidak lupa juga saya memberikan identitas saya yang berupa nama, nomer handphone dan alamat saya beserta alamat yang dituju. Dengan ditempelkan di belakang amplop. Pagi itu sekitar jam 09.00 saya bergegas menuju kantor pos dengan naik motor.

Kira-kira perjalanan membutuhkan waktu sekitar setengah jam. Sesampainya disana setelah saya parkir motor, saya langsung masuk ke ruangan dimana sudah banyak orang mengantri dan menunggu untuk giliran dipanggil. Ternyata banyak sekali loket tersebut. Untuk kantor pos pusat di daerah saya ada 16 loket

Setelah itu saya mengambil nomer antrian dan menunggu giliran. Sekitar 15 menit kemudian nomer antrian saya dipanggil dan saya menuju ke loket. Setelah itu saya jelaskan kepada admin loket bahwa saya ingin mengirim surat.

Admin loket tersebut menjawab dengan baik hati dan menanyakan "Mau kirim surat biasa atau kilat (express)?" kemudian saya jawab "Kalau surat biasa itu bagaimana dan surat kilat (express) itu bagaimana?"

Akhirnya admin loket menjelaskan bahwa jika ingin mengirim surat biasa biaya ongkos kirim Rp 9.000,00 dan akan dikirim dalam waktu 3 hari. Sedangkan jika ingin mengirim surat kilat (express) biaya ongkos kirim Rp 16.000,00 dan akan dikirim dalam waktu 1 hari. Biaya pengiriman tersebut tidak tergantung jauh dekat lokasi yang akan dikirim tetapi biaya pengiriman tersbut sama saja entah itu jauh atau dekat.

Karena kebutuhan mendesak dan surat lamaran harus dikirim secepatnya, saya akhirnya memilih surat kilat (express). Berkas yang ada di dalam amplop saya serahkan kepada admin di loket tersebut. Setelah itu ditimbang amplop tersebut dan admin loket tersebut mengulangi alamat saya untuk konfirmasi sekali lagi apakah alamat yang saya kirim benar atau masih salah.

Lalu setelah admin loket tersebut input data, admin tersebut memberikan nota atau kwitansi yaitu tanda bahwa surat tersebut akan segera dikirimkan dan untuk bukti pembayaran. Dan tidak lupa juga bahwa nota atau kwitansi tersebut jangan lupa untuk disimpan dengan baik-baik.

Dikarenakan jika pihak perusahaan menelepon untuk interview dan ingin menguji apakah memang saya kirim surat lewat pos , saya bisa menunjukkan bukti nota atau kwitansi tersebut.

Dan akhirnya selesai. Tidak sampai menunggu lama mengirim surat pun selesai. Prosesnya mudah, cepat dan aman. Di dalam kantor pos kita tidak hanya bisa mengirim surat saja tetapi juga bisa mengirim uang dan menerima uang dalam bentuk wesel pos.

Fungsi Kantor pos bermacam-macam bisa dilihat di link ini :
 http://www.kompasiana.com/ninohistiraludin/apa-sebenarnya-fungsi-kantor-pos_54f72c88a33311096f8b466a
http://www.anneahira.com/pos.htm
http://www.kabarpemalang.com/2014/01/mau-bayar-apa-saja-bisa-di-kantor-pos.html
 

=============================Selamat Mencoba===============================

 


No comments:

Post a Comment